Sabtu, 23 November 2013

Bisnis Rumah Makan Bebek







A.  pendahuluan

pada saat ini banyak orang yang ingin membuka usaha atau kegiatan secara simple dan
 efisien.contohnya dalam hal menyiapkan makanan  dan hidangan .biasany mereka lebih memilih untuk memesan makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alas an mempertimbangkan waktu dan tenaga walaupun memang sedik mahal.
mulai usaha , maka yang pertama kali harus di ketahui adalah peluang pasar dan bagai mana menggaet ordet. Yang kedua kita mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan  pesaing kita dan sejauh mana kita mampu bersaing dari sisi harga,pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga beranikan mentai untuk berani memulai.
Kami memulai usaha dengan rumah makan bebek .Suburnya tempat usaha kuliner dengan menu bebek, memberi gambaran bisnis ini laris manis sesuai dengan cita rasa dan selera rakyat Indonesia.contohnya sekarang banyak sekali rumah makan bebek di mana saja kini bebek sudah menyebar di berbagai penjuru kota,yakni bebek goring pak slamet yang dahulu hanya ada di kartasura,sukoharjo di sebelah barat kota solo,jawa tengan kini telah menjangkau ke daerah solo,Yogyakarta,malang surabaya bandung,dan Jakarta ,dan tak hanya itu bahkan dari mancan Negara pun menyukainya.
Nasi Bebek Pak slamet dengan menu bebek goreng ,bebek bakar,bebek balado ,sambal ijo,dan bebek kremes  yang dihidangkan  bersama kremesan dan Sambal Gila  yang akan membuat penikmat kuliner yang satu ini ketagihan.


B.  Tujuan

Tujuan dari usaha rumah makan bebek ini adalah :
1.    Memperoleh profit.
2.    Memenuhi kebutuhan mahasiswa dan masyarakat di sekitarnya.
3.    Membantu orang-orang dengan cara menyerap banyak tenaga selainmendapatkan laba dari usaha yang di rintis melaliu usaha ini.

C.   PROFIL USAHA

Saat ini kami membuka usaha kuliner seperti bebek goring,balado,bakar.sambel ijo dan bebe keremes,bebek-bebek ini berasal dari jawa tengah, jawa timur dan khususnya jawa barat,bebek daerah itulah yang mengoda selera  kaum orban kota besar.tak kurang dari 20 cabang yang telah berkembang di kota-kota besar.bebek kaleyo,selain di Jakarta juga menyebar bekasih dan tangerang.untuk itu setiap harinnya bebek kaleyo mengola  1000 ekor bebek.bebek-bebek tersebut di sodorkan ke konsumen di berbagai plosok jabotabek seletah di bumbui kemudian di ungkep selama beberapa jam.
kami hampir menghabiskan 8 bosk daging bebek per hari,setip boks cukup untuk 200 porsi .
dan tak hanya di rumah makan saja kini bebek pun masuk mall-mall di Indonesia contoh nya lestoran the duck king.pertama buka di senayan trade center (STC) pada awal 2003,the duck king ini kini mempunyai 21 cabang di Jakarta dan sejumlah kota lain.setiap harinya orang mengunjungi the duck king sekitar 300-400 orang,jika akhir pecan bisa 1000 orang.jangan kaget di akhir pekan orang harus antri demi bebek.dengan jumlah tamu tersebut the duck king senayan city menghabiskan 40 ekor bebek peing dalam sehari.itu hanya 1 cabang saja,sedangkan ada 20 cabang lainnya.


D.   PEMASARAN

1.    Produk yang dihasilkan
Jenis produk yang dihasilkan dari usaha dagang ini adalah makanan pengganti, mahasiswa dan orang-orang lingkungan sekitar kampus pasti akan tertarik untuk bersinggah dan dapat menyantap serta menikmati hidangan dari kami dengan cita rasa yang istimewa.

2.   Strategi Pemasaran
Dari hasil survei yang kami lakukan didaerah sekitar JAKARTA belum ada jenis usaha dagang bebek , sehingga usaha ini mempunyai peluang atau prospek yang cukup bagus. Sasaran usaha dagang ini pada masyarakat di daerah sekitar jawa barat ,Jakarta dan kalangan mahasiswa/ anak muda .

3. Strategi Harga
Kami menetapkan strategi harga memerah pasar dengan menetapkan harag awal yang tinggi untuk meraup lapisan demi lapisan pendapatan dari pasar. Kami berani melakukan itu karena produk  bebek termasuk golongan produk yang baru yang belum ada di pasaran dengan asumsi  calon konsumen akan mau mencoba produk tersebut.

4.      Strategi promosi
 Dari segi promise kami mengunakan brosur dan iklan-iklas seperti di radio maupun Koran.

5.      Strategi Penjualan
Sebagai usaha kecil dibidang makanan, kami akan memperkerjakan seorang pekerja yang khusus menangani transaksi penjualan. Dibutuhkan pekerja yang memiliki keahlian dalam memasak. Dan memiliki sikap yang sopan, cekatan, disiplin, selalu menjaga kebersihan, jujur dan tidak lupa keramahan dalam melayani konsumen.
·         Setiap kegiatan memulai usaha harus mengukur kemampuan kami terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu dengan analisis SWOT :

1.      Kekuatan produk
1.      Menjual makanan untuk semua kalangan masyarakat
2.      Bahan makanan yang terjamin halal dan bergizi
3.      Harga terjangkau

2.      Kelemahan produk
1.      Manajemen sederhana
2.      Tidak dapat bertahan lama
3.      Jenis makanan mudah ditiru

3.      Peluang
1.      Pangsa pasar yang lebih luas
2.      Tempat strategis
3.      Pesaing relatif masih sedikit
4.      Fasilitas yang memadai

4.      Ancaman Usaha
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang lebih murah.

6. Rencana Strategi Pemasaran
Di awal pembukaan usaha dagang warung  ini, kami menerapkan strategi pemasaran dengan harga promosi di bawah harga sebenarnya. Dengan adanya diskon sebesar 25% untuk pembelian. Strategi ini dilakukan untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kita tawarkan dengan harga yang relatif murah.

A.   Produksi

a.      Bahan Baku

Adapun bahan baku yang diperlukan dalam proses pembuatan bebek goring,balado,sambel ijo dan kremes ini pada umumnya membutuhkan dana. Untuk pembelian bahan baku sangat mudah didapat, karena bahan -bahan tersebut setiap harinya akan dibutuhkan para Ibu rumah tangga untuk memasak. Untuk membuat bebek diperlukan bahan baku seperti minyak sayur,bebek serta bumbu dapur,cebe rawit,cabe ijo,bawang putih,bawang merah,garam,lebar daun jeruk,salam koja.
Kebutuhan sarana dan fasilitas dalam proses pembuatan produk sangatlah penting. Dalam hal ini ada beberapa fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pembuatan seperti kompor gas, pangangan,katel,dan panci besar.

b.      Sumber Daya Manusia

Sumber daya yang kami punya adalah sumber daya handal, mempunyai kapasitas dan kreativitas dan penguasaan bidang yang baik. Mampu bekerja secara kolektif untuk menghasilkan karya yang luar biasa. Semuanya mampu dan bisa dalam proses pembuatan makanan ini.
Di usaha dagang Bebek ini milik sendiri sumber daya manusia menggunakan tenaga kerja pribadi yang bertanggung jawab terhadap rasa dan mutu makanan, resep di dapat dari orang yang telah berpengalaman dalam bidang makanan ini. Mutu dan kualitas makanan secara rutin diawasi sehingga makanan yang dijual adalah makanan yang benar-benar layak untuk dikonsumsi bebas dari pengawet & bahan kimia yang membahayakan kesehatan.



F.Daftar pustaka
-kompas 24 nov 2013
-amiruddinzain.proposal usah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar